Mengenal Rumus Sederhana Excell
Rumus Excel adalah cara untuk menghitung nilai dalam satu sel atau dalam rentang sel; sementara fungsi Excel merupakan formula standar yang sudah tersedia, dengan melakukan perhitungan tertentu berdasarkan nilai yang ditentukan.
Jika Anda ingin melakukan proses pengolahan data, melakukan
perhitungan yang rumit seperti rata-rata dari 16 nilai, Microsoft Excel adalah
alatnya.
Microsoft Excel merupakan peranti lunak yang sering digunakan
sebagai aplikasi pengolah data.
Aplikasi ini menyediakan berbagai rumus yang
bisa Anda gunakan baik dalam perhitungan sederhana maupun perhitungan yang
lebih rumit.
Hal-hal seperti
pengaturan kas, perhitungan nilai rapot, hingga perhitungan hasil kuesioner
dari berbagai internet form bisa dilakukan oleh Excel.
Terlepas dari
fungsinya yang lengkap, ada beberapa orang yang masih belum memahami dan
mengerti rumus-rumus dasar yang dapat digunakan dalam mengoperasikan Excel.
Apa saja
rumus-rumus dasar yang ada dalam Microsoft Excel
1.
SUM
Rumus
Sum digunakan untuk melakukan penambahan data yang bersifat angka. Cara ini
efektif apabila data yang ingin dijumlahkan merupakan data dengan jumlah yang
banyak. Cara menulisnya adalah:
=SUM(Sel awal:Sel akhir)
Sel Awal
= Sel pertama yang ingin dilakukan perhitungan.
Sel
Akhir = Sel terakhir yang ingin dilakukan perhitungan.
Dalam
Excel tidak mengenal rumus pengurangan, namun Anda bisa menggunakan tanda
operasi minus (-).
2.
PRODUCT
Fungsi Product mengalikan semua angka dalam cel
dan mengembalikan hasil kali. misalnya, jika sel a1 dan a2 berisi angka, anda
dapat menggunakan rumus =product(a1, a2) untuk mengalikan dua angka itu. anda
juga dapat melakukan operasi yang sama dengan menggunakan operator matematika
perkalian (*); misalnya, =a1 * a2.
Cara menulisnya adalah:
=PRODUCT(Sel
Awal:Sel Akhir).
3.
AVERAGE
Fungsi Average berguna untuk mencari rata-rata
dalam kumpulan data nominal.
Cara menulisnya adalah:
=AVERAGE(Sel
Awal:Sel Akhir)
4.
MAX
Merupakan rumus yang digunakan untuk mencari nilai
tertinggi dari sekumpulan data.
Cara menulisnya adalah:
=MAX(Sel
Awal:Sel Akhir)
5.
MIN
Merupakan rumus yang digunakan untuk mencari nilai
terendah dari sekumpulan data.
Cara menulisnya adalah:
=MIN(Sel
Awal:Sel Akhir)
6.
IF
Fungsi IF memungkinkan Anda untuk membuat
perbandingan logis antara nilai dan apa yang diharapkan dengan menguji
parameter dan mengembalikan hasil jika True atau False.
Cara menulisnya adalah:
=IF(Parameter
yang diharapkan, Perintah untuk kondisi benar, Perintah untuk kondisi Salah)
Oleh karena itu, pernyataan IF dapat memiliki dua
hasil. Hasil pertama jika parameter Anda “Benar” dan jika perbandingan
parameter Anda “Salah”.
Itulah beberapa
rumus dasar yang harus diketahui oleh Anda yang baru belajar menggunakan
Microsoft Excel.
Komentar
Posting Komentar