Menu Page Lay Out
A. Fungsi Sub Menu Page Setup Dalam Tab Page Layout Excel
Salah satu Tab yang ada dalam Excel tersebut adalah Page
Layout, secara umum Page Layout ini dapat digunakan untuk mengatur margin serta
view sheet Microsoft Excel.
Pengaturan margin ini sangat penting untuk dilakukan karena
jika ukuran sheet dengan kertas yang akan digunakan tidak sesuai maka hasil
cetakan akan terpotong.
Selain itu ada beberapa hal terkait setting yang dapat
dilakukan melalui Page Layout ini misalnya Print Area, Backgroun dan lain -
lain.
Bahkan dalam Page Layout ini terdapat juga menu untuk
menampilkan atau menghapus garis - garis yang terdapat dalam Excel.
B.
Fungsi Sub
Menu Page Setup Dalam Excel
Sebenarnya Page Setup ini juga memiliki menu tersendiri
selain yang terdapat pada Tab Page Layout.
Dalam Page Layout isi dari sub menu Page Setup adalah Margin, Orientation, Size, Print Area, Breaks, Background dan Print Titles.
Sedangkan dalam menu Page Setup yang bukan dalam Page Layout
menunya lebih lengkap dan terdiri dari 4 Tab yaitu Page, Margins, Header/Footer
dan Sheet.
Jadi, jika diperhatikan menu Page Setup yang terdapat dalam Page Layout ini
merupakan rangkuman dari beberapa menu yang sangat sering digunakan untuk
pengaturan margin sebelum pencetakan dokumen.
Sebelum membahas fungsi dan cara penggunaan sub menu Page Setup dalam Page
Layout ini mari kita lihat tampilan sub menunya terlebih dahulu berikut ini :
Untuk
fungsi dan cara penggunaan dari sub menu yang terdapat dalam Page Layout ini
mari kita bahas satu persatu.
C.
Fungsi Sub
Menu Margins dalam Page Layout Excel
Dalam Page Setup margin ini ada dalam kelompok Tab Margin
dan didalamnya terdapat sub menu untuk mengatur margin atas, bawah, kiri,
kanan, header serta footer.
Sedangkan dalam sub menu Page Layout Margin ini hanya terdiri dari empat
pilihan yaitu :
1.
Last Custom
Setting : jika pilihan ini digunakan
maka margin yang digunakan akan sama dengan pengaturan margin paling terakhir
yang kita lakukan.
2.
Normal : margin pada pilihan ini merupakan angka default yang
diberikan oleh Excel.
3.
Wide : margin pada pilihan ini hasil cetakannya akan berada
ditengah - tengah karena margin atas, bawah, kiri dan kanan sama yaitu 2,54.
4. Narrow : margin yang digunakan pada pilihan ini lebih kecil dari pada margin default pada pilihan Normal.
Jadi dalam sub menu Page Setup ini kita tidak bisa menentukan sendiri berapa
angka margin yang akan digunakan.
Jika ingin mengatur angka sesuai dengan kebutuhan silahkan klik menu Custom
Margins dibawah pilihan Narrow dan ini akan membawa kita kedalam menu Page
Setup
Dalam menu Page Setup tidak hanya bisa mengatur angka page setup saja tetapi
bisa juga memilih hasil cetak dalam posisi Center on page.
Fungsi Sub Menu Orientation dalam Page Layout Excel
Sub menu yang kedua dalam Page Layout adalah Orientation, menu ini digunakan untuk menentukan posisi halaman apakah Portrait atau Landscape.
Jika Portrait yang dipilih maka hasil cetak atau print akan memanjang dari atas ke bawah/vertikal.
Sedangkan jika yang dipilih Landscape maka hasil dari cetakan akan sebaliknya atau memanjang dari kiri ke kanan.
Dalam Page Setup penentukan Orientation ini terdapat dalam Tab Page dan selain menentukan posisi print terdapat juga menu lainnya yaitu Scalling dan Paper Size untuk memilih jenis kertas yang akan digunakan.
D.
Fungsi Sub
Menu Size dalam Page Layout Excel
Sub menu Size ini dapat digunakan untuk memilih jenis kertas
yang akan kita gunakan pada saat mencetak dokumen.
Banyak pilihan ukuran kertas dalam menu ini diantaranya Letter, Legal, A4,
Executive, A5, A6 dan lain - lain.
Untuk menentukan ukuran mana yang akan digunakan silahkan klik pada ukuran yang muncul dalam menu Size tersebut.
E.
Fungsi Sub
Menu Print Area dalam Page Layout Excel
Print Area ini digunakan jika kita akan mencetak hanya bagian tertentu saja
dari satu halaman atau lebih.
Misalnya dalam satu halaman kita hanya akan mencetak paragraf pertama saja maka
menu Print Area ini bisa menjadi solusinya.
Terdapat dua pilhan dalam sub menu ini dengan fungsi sebagai berikut :
1.
Set Print
Area : digunakan untuk menentukan
area mana yang akan digunakan.
2. Clear Print Area : diunakan untuk menghapus print area yang telah kita buat sebelumnya.
Untuk menggunakan Print Area ini sangat mudah yaitu yang pertama pilih/blok
area yang akan dicetak dan selanjutnya klik menu Print Area dan
terakhir klik Set Print Area.
Jika ingin menambahkan print area kedalam sebuah sheet yang sebelumnya telah
ada Print Area maka menu yang dipilih adalah Add to Print Area.
Untuk menghapus Print Area sangat mudah cukup dengan klik Menu Print
Area dan terakkhir klik Clear Print Area.
F.
Fungsi Sub
Menu Breaks dalam Page Layout Excel
Menu Breaks ini dapat digunakan untuk memberikan batas pada sheet yang
ukurannya kurang dari ukuran kertas.
Misalnya kita mempunya satu sheet dengan ukuran kertas A4 tetapi kita ingin
mencetaknya menjadi dua halaman bukan 1 halaman maka Breaks ini bisa digunakan
dibaris yang dibutuhkan.
Untuk cara menggunakan Breaks sangat mudah cukup dengan klik pada baris yang
akan dibatasi dengan breaks, klik menu Breaks dan terakhir klik Insert Page
Breaks.
Cara penggunaan Page Breaks ini sudah saya bahas dalam artikel tersendiri dan
silahkan untuk dipelajari.
Selain Insert Page Breaks dalam menu Breaks ini terdapat juga menu lainnya
yaitu Remove Page Breaks dan Reset All Page Breaks yang dapat digunakan untuk
menghapus Page Breaks.
G.
Fungsi Sub
Menu Background dalam Page Layout Excel
Dari namanya tentu saja menu ini sudah bisa ditebak yaitu
dapat digunakan untuk membuat background dalam sheet Excel.
Jika menggunakan menu ini maka background yang muncul akan ada diseluruh sheet
yang telah kita pasang.
Selain itu background yang muncul hanya tampilan saja dan saat dicetak
background ini tidak akan muncul.
Jika ingin membuat background yang bisa diatur ukurannya serta bisa ditentukan
posisinya maka bisa menggunakan menu shape dan ini telah saya bahas dalam
artikel sebelumnya.
Untuk menggunakan menu Background pertama silahkan klik Background kemudian
pilih gambar yang akan dijadikan background, klik gambar tersebut dan terakhir
klik Insert.
Jika ingin menghapus background yang telah dipasang cukup dengan klik
menu Delete Background.
H.
Fungsi Sub
Menu Print Titles dalam Page Layout Excel
Print Titles dalam Page Layout ini dapat digunakan untuk
membuat garis atau kolom diawal data muncul disetiap halaman pada saat data
tersebut dicetak.
Biasanya ini berlaku untuk data - data yang dicetak lebih dari satu halaman
dalam satu sheet.
Misalnya kita akan mencetak laporan dengan judul "Laporan A" yang
terdiri dari 2 halaman.
Jika dicetak maka judul laporan tersebut hanya ada pada lembar atau halaman
pertama saja.
Dengan menggunakan Print Titles judul laporan tersebut bisa muncul secara
otomatis pada halaman kedua pada saat dicetak.
Untuk cara penggunaannya silahkan pelajari dalam pembahasan Page Setup untuk
tab Sheet.
Komentar
Posting Komentar