Mengenal Menu Menu Pada Microscoft Excell
a. Pengertian Ribbon Pada Microsoft Excel
Ribbon pada Microsoft Excel adalah kumpulan perintah yang terdiri dari beberapa
tab menu dan setiap tab terdiri dari tombol-tombol perintah dalam grup
tertentu. Ribbon terdiri dari tab menu, grup perintah (command
group) dan tombol perintah (command button).
Masing-masing menu terdiri dari command group tempat tombol perintah
berkelompok. Tombol perintah memberikan beragam kegunaan atau fungsi pada
Microsoft Excel.
b. Jenis Ribbon Microsoft Excel dan Fungsinya
Ribbon Microsoft Excel terdiri dari dari tab
menu yang dilengkapi dengan grup perintah.
1)
Tab menu pada
Microsoft Excel 2016 terdiri dari menu File, Home, Page
Layout, Formulas, Data, Review, View, Developer, Load Test, Power Pivot dan Team.
2) Fitur Developer, Load Test, dan Team secara default disembunyikan pada Microsoft Excel.
1. Menu File
Menu file merupakan menu utama pada Microsoft Excel 2016. Sejak rilis Microsoft Excel 2010, Office Button mulai digantikan dengan Menu File pada Ribbon Microsoft Excel. Menu File berfungsi untuk membuat, menyimpan, membuka serta manajemen file dan aplikasi pada Microsoft Excel.
2.
Menu Home
Menu home pada Microsoft Excel memberikan perintah-perintah pada Microsoft Excel yang paling sering digunakan. Berikut ilustrasi dari Menu Home.
Adapun
Command Group dari Menu Home,
1)
Clipboard adalah
grup perintah yang digunakan untuk melakukan cut, copy, paste pada Microsoft
Excel.
Cut adalah perintah untuk memindahkan data, copy perintah
untuk menggandakan data dan paste adalah perintah untuk menjalankan perintah
cut/paste di sel, worksheet maupun workbook yang berbeda dengan data aslinya.
2)
Font adalah
grup perintah yang berfungsi untuk manajemen font pada Microsoft Excel.
Anda dapat membuka dialog font dengan menekan CTRL+SHIFT+F. Berikut dialog font pada Microsoft Excel.
Alignment adalah
grup perintah pada Microsoft Excel yang berfungsi untuk mengatur rataan
tampilan data serta penggabungan sel Microsoft Excel.
Anda juga dapat membuka dialog alignment pada Microsoft excel dengan klik ikon di pojok kanan bawah group alignment. Berikut dialog alignment.
Number adalah
grup perintah yang berfungsi untuk mengubah format tampilan angka pada
Microsoft Excel.
Terdapat banyak format angka pada Microsoft Excel seperti general, accounting, percentage dan lain-lain. Berikut tampilan dialog number pada Microsoft Excel.
Menu Insert
Menu Insert berfungsi untuk menyisipkan data pada lembar kerja Microsoft Excel. Berikut Ilustrasi dari menu Insert.
Adapun
Command Group dari menu Insert,
·
Tables adalah grup perintah yang berfungsi untuk membuat
tabel dan pivot.
·
Illustrations adalah grup perintah yang berfungsi untuk
menambahkan gambar dan shape.
·
Add-Ins adalah grup perintah untuk menambahkan fitur
tambahan dari microsoft store.
·
Charts adalah grup perintah yang berfungsi untuk membuat
grafik pada Microsoft Excel.
Berikut ilustrasi dari dialog charts pada Microsoft Excel
3D Maps Microsoft Excel dapat diilustrasikan
sebagai berikut.
·
Sparklines adalah grup perintah untuk membuat mini charts.
·
Filters adalah grup perintah yang digunakan untuk menyaring
data.
Terdapat dua jenis filter yaitu Slicer untuk
menyaring data secara visual dan Timeline digunakan untuk menyaring data berdasarkan waktu.
·
Links adalah grup perintah yang digunakan untuk menambah
Hyperlink pada sel.
·
Text adalah grup perintah untuk menambahkan teks khusus.
·
Symbols adalah grup perintah untuk menambah simbol dan rumus
/ equation matematika.
Menu Page Layout
Menu Page Layout digunakan untuk mengatur ukuran lembar kerja terkait dengan proses mencetak file Excel. Menu Page Layout diilustrasikan sebagai berikut.
·
Themes adalah grup perintah yang dapat memberikan efek
visual pada lembar kerja Microsoft Excel.
·
Page Setup adalah grup perintah yang digunakan untuk melakukan
pengaturan kertas pada lembar kerja Microsoft Excel.
Berikut ilustrasi Page Setup pada Microsoft Excel.
·
Scale to fit adalah grup perintah untuk mengatur skala baris dan
kolom terhadap ukuran kertas pada lembar kerja Microsoft Excel.
Anda dapat mengatur banyaknya kolom dan baris yang akan
ditampilkan pada ukuran kertas di lembar kerja Microsoft Excel. Kotak dialog
ini sebenarnya berada pada kotak dialog Page Setup namun
disediakan grup khusus untuk mempermudah pengguna.
·
Sheet Option adalah grup perintah untuk menampilkan Gridlines
(garis pembatas sel) dan Headings baik saat melakukan editing melalui lembar
kerja excel maupun printing.
Jendela sheet Option berada pada tab sheet jendela Page Setup.
o Arrange adalah grup perintah yang berfungsi untuk mengatur
objek umumnya berupa shape pada lembar kerja Microsoft Excel.
Terdapat pilihan Bring Forward, Send Backward, Selection
Pane, Align, Group Objects dan Rotate.
Sumber Belajar
https://www.advernesia.com/blog/microsoft-excel/bagian-fungsi-dan-pengertian-ribbon-pada-excel/
Komentar
Posting Komentar