Mengenal Menu Menu Pada Microscoft Excell

 a.      Pengertian Ribbon Pada Microsoft Excel

Ribbon pada Microsoft Excel adalah kumpulan perintah yang terdiri dari beberapa tab menu dan setiap tab terdiri dari tombol-tombol perintah dalam grup tertentu. Ribbon terdiri dari tab menugrup perintah (command group) dan tombol perintah (command button). Masing-masing menu terdiri dari command group tempat tombol perintah berkelompok. Tombol perintah memberikan beragam kegunaan atau fungsi pada Microsoft Excel.

b.       Jenis Ribbon Microsoft Excel dan Fungsinya

Ribbon Microsoft Excel terdiri dari dari tab menu yang dilengkapi dengan grup perintah.

1)       Tab menu pada Microsoft Excel 2016 terdiri dari menu File, Home, Page Layout, Formulas, Data, Review, View, Developer, Load Test, Power Pivot dan Team.

2)       Fitur DeveloperLoad Test, dan Team secara default disembunyikan pada Microsoft Excel.



1.      Menu File

Menu file merupakan menu utama pada Microsoft Excel 2016. Sejak rilis Microsoft Excel 2010, Office Button mulai digantikan dengan Menu File pada Ribbon Microsoft Excel. Menu File berfungsi untuk membuat, menyimpan, membuka serta manajemen file dan aplikasi pada Microsoft Excel.



2.      Menu Home

Menu home pada Microsoft Excel memberikan perintah-perintah pada Microsoft Excel yang paling sering digunakan. Berikut ilustrasi dari Menu Home.


 

Adapun Command Group dari Menu Home,

1)      Clipboard adalah grup perintah yang digunakan untuk melakukan cut, copy, paste pada Microsoft Excel.

Cut adalah perintah untuk memindahkan data, copy perintah untuk menggandakan data dan paste adalah perintah untuk menjalankan perintah cut/paste di sel, worksheet maupun workbook yang berbeda dengan data aslinya.

2)      Font adalah grup perintah yang berfungsi untuk manajemen font pada Microsoft Excel.

Anda dapat membuka dialog font dengan menekan CTRL+SHIFT+F. Berikut dialog font pada Microsoft Excel.


Alignment adalah grup perintah pada Microsoft Excel yang berfungsi untuk mengatur rataan tampilan data serta penggabungan sel Microsoft Excel.

Anda juga dapat membuka dialog alignment pada Microsoft excel dengan klik ikon di pojok kanan bawah group alignment. Berikut dialog alignment.

Number adalah grup perintah yang berfungsi untuk mengubah format tampilan angka pada Microsoft Excel.

Terdapat banyak format angka pada Microsoft Excel seperti general, accounting, percentage dan lain-lain. Berikut tampilan dialog number pada Microsoft Excel.


Menu Insert

Menu Insert berfungsi untuk menyisipkan data pada lembar kerja Microsoft Excel. Berikut Ilustrasi dari menu Insert.


Adapun Command Group dari menu Insert,

·         Tables adalah grup perintah yang berfungsi untuk membuat tabel dan pivot.
·         Illustrations adalah grup perintah yang berfungsi untuk menambahkan gambar dan shape.
·         Add-Ins adalah grup perintah untuk menambahkan fitur tambahan dari microsoft store.
·         Charts adalah grup perintah yang berfungsi untuk membuat grafik pada Microsoft Excel.

Berikut ilustrasi dari dialog charts pada Microsoft Excel


Tours adalah grup perintah yang dapat membuat data geografis pada Microsoft Excel.

3D Maps Microsoft Excel dapat diilustrasikan sebagai berikut.

·         Sparklines adalah grup perintah untuk membuat mini charts.
·         Filters adalah grup perintah yang digunakan untuk menyaring data.

Terdapat dua jenis filter yaitu Slicer untuk menyaring data secara visual dan Timeline digunakan untuk menyaring data berdasarkan waktu.

·         Links adalah grup perintah yang digunakan untuk menambah Hyperlink pada sel.
·         Text adalah grup perintah untuk menambahkan teks khusus.
·         Symbols adalah grup perintah untuk menambah simbol dan rumus / equation matematika.

 

 

Menu Page Layout

Menu Page Layout digunakan untuk mengatur ukuran lembar kerja terkait dengan proses mencetak file Excel. Menu Page Layout diilustrasikan sebagai berikut.


 

 

·         Themes adalah grup perintah yang dapat memberikan efek visual pada lembar kerja Microsoft Excel.
·         Page Setup adalah grup perintah yang digunakan untuk melakukan pengaturan kertas pada lembar kerja Microsoft Excel.

Berikut ilustrasi Page Setup pada Microsoft Excel.


·         Scale to fit adalah grup perintah untuk mengatur skala baris dan kolom terhadap ukuran kertas pada lembar kerja Microsoft Excel.

Anda dapat mengatur banyaknya kolom dan baris yang akan ditampilkan pada ukuran kertas di lembar kerja Microsoft Excel. Kotak dialog ini sebenarnya berada pada kotak dialog Page Setup namun disediakan grup khusus untuk mempermudah pengguna.

·         Sheet Option adalah grup perintah untuk menampilkan Gridlines (garis pembatas sel) dan Headings baik saat melakukan editing melalui lembar kerja excel maupun printing.

Jendela sheet Option berada pada tab sheet jendela Page Setup. 


o    Arrange adalah grup perintah yang berfungsi untuk mengatur objek umumnya berupa shape pada lembar kerja Microsoft Excel.

Terdapat pilihan Bring Forward, Send Backward, Selection Pane, Align, Group Objects dan Rotate.


Sumber Belajar

https://www.advernesia.com/blog/microsoft-excel/bagian-fungsi-dan-pengertian-ribbon-pada-excel/ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan Ke 2 TIK Kelas 7